Karnaval Meriahkan Hari Batik Nasional

Karnaval Meriahkan Hari Batik Nasional
Peserta Karnaval Batik melintas di bundaran HI Jakarta Minggu (1/10/2017) pagi. (KerisNews.com/Birul Sinari Adi)

Karnaval Batik Indonesia berlangsung semarak pada Minggu (1/10/2017) pagi di Car Free Day, Jakarta. Karnaval dimulai pukul 06.00 WIB, dengan rute awal dari Hotel Grand Sahid Sudirman menuju Bundaran Hotel Indonesia, dan berakhir di Gedung Sarinah Thamrin.

Acara karnaval menjadi puncak Pesta Batik Indonesia yang digelar oleh Yayasan Batik Indonesia untuk menyambut Hari Batik Nasional, pada tanggal 2 Oktober 2017.

“Pada tanggal 30 September 2009, UNESCO telah memutuskan batik Indonesia sebagai warisan budaya tak benda. Dengan Kepres No 33 Tahun 2009, Pemerintah RI juga telah menetapkan tanggal 2 Oktober merupakan Hari Batik Nasional,” kata Jultin Ginanjar Kartasasmita, Ketua Yayasan Batik Indonesia, saat memberi sambutan.

Karnaval diikuti oleh berbagai organisasi, pemda, sekolah, dan perhotelan, termasuk dari komunitas sepeda ontel. Peserta karnaval tidak hanya datang dari Jakarta, tapi juga dari kota-kota sekitarnya, seperti Purwakarta.

Selain mengenakan baju dan kostum batik, peserta karnaval juga menampilkan beragam hiasan dan bentuk seperti ondel-ondel, ogoh-ogoh berbentuk Gatotkaca, dan gerobak hias.

Setelah semua peserta karvanal tiba di Gedung Sarinah, kemudian digelar Vertical Cat Walk Fashion Show. Yaitu peragaan busana dengan model, pria dan wanita, mengenakan baju batik meluncur dengan tali dari puncak Gedung Sarinah yang berketinggian sekitar 80 meter.

“Itu dari komunitas pemanjat tebing STP PLN, sama dari Universitas Bung Karno, sama Indonesia Green Ranger,” kata Lila Cokronagoro, Humas Hari Batik Nasional 2017, kepada KerisNews.com tentang para model yang memeragakan vertical cat walk.

Mantan Presiden SBY dan Ani Yudhoyono ikut hadir dalam Karnaval Batik. (KerisNews.com/Birul Sinari Adi)

Seorang Model mengenakan baju batik “melayang” meluncur dari puncak Gedung Sarinah berketinggian sekitar 80 meter. (KerisNews.com/Birul Sinari Adi)

 

BACA JUGA  Seminar dan Pameran Keris di FKUI

 

 

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.